Monday, April 11, 2011

Obat Ngorok CRD


Chronic Respiratory Disease
CRD



Penyakit Ngorok biasa juga disebut dengan Chronic Respiratory Disease (CRD) atau mikoplasmosis atau Sinusitis atau Air SacPenyakit Chronic Respiratory Disease  disebabkan oleh bakteri Mycoplasma galisepticum. Biasanya menyerang ayam pada usia 4-9 minggu. 
Penularan terjadi melalui kontak langsung, peralatan kandang, tempat makan dan minum, manusia, telur tetas atau DOC yang terinfeksi.

Faktor predisposisi atau faktor yang dapat menyebabkan

- Kondisi kandang yang lembab
- Kepadatan kandang yang terlalu tinggi
- Litter yang kering
- Kadar amoniak yang tinggi.


 Cara penularan

Penularan penyakit terjadi baik secara vertikal maupun horizontal. 
Secara vertikal dapat melalui induk yang menularkan penyakit melalui telur dan horizontal disebarkan dari ayam yang sakit ke ayam yang sehat. Penularan penularan tidak langsung dapat melalui kontak dengan tempat peralatan, tempat pakan, hewan liar maupun petugas kandang.
 Gejala klinis

Ngorok basah, adanya ingus leleran hidung lengket dan terdapat eksudat berbuih pada mata dan ayam suka menggeleng-gelengkan kepalanya. Pada kasus kronis mengakibatkan kekurusan dan keluarnya cairan bernanah dari hidung.

 Pengobatan

Pengobatan CRD pada ayam yang sakit dapat diberikan baytrit 10% peroral, mycomas dengan dosis 0.5 ml/L air minum, tetraclorin secara oral atau bacytracyn yang diberikan pada air minum.
Ada beberapa contoh obat dipasaran seperti Doxyvet yang mengandung Doxycycline HCl yang bekerja aktif terhadap bakteri Gram - dan Gram + yang dapat menimbulkan penyakit pada unggas dengan cara mengikat ribosom 30S dan mengganggu masuknya t-RNA asam amino kedalam m-RNA sehingga terjadi penghambatan sintesis protein pada bakteri. 
1 box isi 40 sachet@ 5 gram
harganya Rp. 45.000,-


Pencegahan

Sanitasikan selalu kandang & yakinkan ayam baik indukan, pejantan, dan anakan yang benar-benar terbebas dari chronic respiratory disease (CRD). Menjaga kebersihan dan tingkat kelembaban kandang dan area ayam.
Rutinkan vaksin dengan vaksin CRD setiap 3 bulan sekali
Vaksin ini seharga Rp, 10.000,-


Jika kawan2 mengalami kesulitan untuk mendapatkan obat & vaksin ini, kami dapat membantu.
silahkan sms ke nomor :  JL. pakel no 10 kerten. HP.081393345669

No comments:

Post a Comment